Alasan Kenapa Kucing Bisa “Mendengkur”

Fijimatai – Ketika bermain-main dengan kucing kesayangan, seringkali binatang berbulu tersebut mendengkur. Hal ini cukup menyenangkan bagi para pecinta kucing, mengingat banyak yang berasumsi bahwa dengkuran kucing adalah tanda bahwa ia bahagia.

Namun benarkah asumsi tersebut?

Belum ada yang benar-benar tahu mengapa kucing mendengkur, meski sudah banyak asumsi yang menarik. Yang paling populer adalah kucing akan mendengkur jika dia sedang senang atau merasa nyaman. Namun hal tersebut tak selalu benar, karena beberapa kucing juga mendengkur ketika mereka lapar, cidera, bahkan ketika ketakutan. Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa frekuensi dengkuran kucing dapat merangsang regenerasi tulang kucing.

Mekanisme dengkuran kucing adalah menggunakan otot diafragma dan pangkal tenggrokan, ketika mereka bernapas. Namun belum terlalu diketahui bagaimana sistem saraf kucing mengontrol kapan dia harus mendengkur.

Hasil gambar untuk kucing mendengkur

Di awal abad ke 19, para ahli taksonomi membedakan keluarga kucing menjadi dua, yakni yang mendengkur dan mengaum, di mana terbagi membedakan spesies menjadi Felinae yang merupakan pendengkur, serta Pantherinae yang merupakan pengaum.

Namun ahli taksonomi saat ini percaya bahwa semua keluarga kucing mendengkur, kecuali singa, leopard, jaguar, serta harimau. Sementara citah juga mendengkur layaknya kucing.

Sehingga dengkuran kucing justru makin rumit penjelasannya. Namun jika melihat berbagai suara yang dihasilkan mamalia dalam frekuensi rendah, biasanya selalu diasosiasikan dengan situasi sosial yang positif, seperti kenyamanan berada di lingkungan tersebut. Hal yang paling masuk akan adalah mendengkur adalah bentuk menenangkan diri, mengingat di berbagai situasi stress kucing juga mendengkur. Hal ini berarti mendengkurnya kucing adalah bentuk ekspresi, layaknya manusia ketika tertawa atau menangis.

Pakar kucing pun menyuarakan hal yang sama. Tony Buffington, seorang pakar kucing dan dokter hewan dari Ohio State University, menyatakan bahwa kita tak bisa berpikir kalau mendengkurnya kucing hanya berdasarkan satu alasan. Tentu banyak hal yang bisa membuat kucing mendengkur, dan hal itu akan selalu jadi misteri.

Namun tak perlu bingung, jika Anda pulang ke rumah dan disambut oleh kucing yang mendengkur sambil bermain dengan kaki Anda, tentu dia sedang senang melihat Anda pulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *