4 Alasan dan Manfaat Penting dari Sewa Genset dengan Ragam Daya

Fijimatai – Generator set atau yang lebih dikenal dengan singkatan genset, selalu dibutuhkan di banyak tempat sesuai peruntukkannya. Oleh karena itu, daya listrik yang disediakannya pun berbeda-beda. Jika Anda hanya butuh sesekali, sewa genset bisa dijadikan pilihan. Banyak manfaat penting yang bisa Anda jadikan alasan untuk menggunakannya, yaitu sebagai berikut.

  1. Sumber Daya Cadangan di Rumah

Manfaat penting dari hadirnya genset sangat bisa dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di daerah pelosok dan belum terjangkau listrik PLN. Begitupula dengan daerah yang sudah terjangkau tapi belum cukup stabil sehingga lebih sering mati listrik. Pemadaman listrik secara berkala, meski sudah diumumkan di masjid, tetap saja mengganggu aktivitas di rumah.

Peralatan elektronik apa saja yang ada di rumah Anda? Penanak nasi, kompor listrik, TV, setrika, mesin cuci, lemari es, dan masih banyak lagi yang lainnya bukan? bahkan, bagi pekerja kantoran atau seorang penulis yang bekerja di rumah, keberadaan listrik benar-benar sangat penting untuk men-charger baterai komputer/laptop dan smartphone.

Dengan adanya genset yang Anda sewa, maka kebutuhan listrik bisa terpenuhi. Bagi Anda yang tinggal di kawasan pedalaman dan digunakan oleh banyak orang, sebaiknya pilih genset dengan ukuran daya yang cukup besar, misal 500 kVA. Sementara untuk keperluan rumah sendiri, ukuran daya <20 kVA sudah lumayan memadai.

  1. Sumber Daya Listrik di Rumah Sakit

Salah satu fasilitas umum yang butuh pasokan listrik terus menerus adalah rumah sakit. Hal ini dikarenakan, cukup banyak peralatan medis yang memerlukan bantuan listrik agar bisa bekerja dengan baik. Apalagi untuk operasi dan peralatan pendukungnya. Apa jadinya jika di tengah-tengah operasi, tiba-tiba listrik mati?

Oleh karena itu, setiap rumah sakit wajib yang belum memiliki genset atau sudah punya tapi rusak, sangat wajib untuk menyewa genset. Bahkan jika perlu, lebih dari satu untuk mengantisipasi kekurangan pasokan. Daya listrik yang cocok unttuk rumah sakit sekitar 100 sampai 500 kVA, tergantung ukuran rumah sakitnya.

  1. Sumber Daya Listrik untuk Kebutuhan Komersial

Manfaat genset lainnya bisa dirasakan oleh pabrik-pabrik dan perusahaan (perkantoran), termasuk di dalamnya home industry, baik skala kecil maupun menengah yang menerapkan sistem kerja 3 shift. Jika pasokan listrik terputus atau ada gangguan dari pihak PLN-nya, hal ini tentu akan mempengaruhi produktivitas pabrik yang bersangkutan.

Idealnya, sebuah pabrik, perkantoran, atau bangunan komersial memang harus beli dan memiliki sendiri, tapi jika hanya untuk beberapa bulan, sewa genset ukuran 100-150 kVA merupakan keputusan terbaik untuk meminimalisir pengeluaran. Anda bisa memilih harian, pekanan, sampai bulanan saat memutuskan untuk menyewanya.

  1. Sumber Daya Listrik di Konstruksi

Manfaat penting berikutnya dari menyewa genset adalah untuk sumber daya listrik di daerah berkembang yang banyak dibangun konstruksi fasilitas umum. Meski tidak 24 jam dikerjakan, daerah yang sedang dibangun butuh genset untuk penerangan dan melindungi berabagai peralatan dari kemungkinan dicuri atau disalahgunakan.

Apalagi di daerah pertambangan yang berada di kawasan daerah atau pedalaman yang butuh penerangan. Jika PLN belum menjangkaunya, maka keberadaan genset bisa mewakili peranan dari pasokan listrik yang diberikan PLN.

Sama halnya dengan bangunan komersial, daya listrik 100-500 kVA sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan di sekitar konstruksi. Jadi, jika butuh pasokan listrik yang stabil dan aman, Anda bisa mengandalkan genset, karena harga sewa genset ini pun tergolong murah, baik hariannya, pekanannya, maupun bulanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *