Beginilah Penanganan Luka Pasca Operasi Total Knee Replacement

Fijimatai – Operasi TKR merupakan tindakan penggantian lutut. Pada umumnya biaya operasi tkr dipatok dengan harga yang mahal. Dengan demikian maka Anda harus mengetahui benar tentang penanganan luka pasca operasi sehingga tidak akan menyebabkan biaya tambahan. Beginilah penanganan luka pasca operasi.

Hari Pertama

Selelah Anda keluar dari rumah sakit, bagian lutut Anda akan dibalut dengan perban selama 24 jam. Anda harus tetap menjaga perban agar tetap bersih dan kering selama 24 jam pertama. Sedangkan untuk bagian pita putih atau yang sering dikenal dengan nama steril strip harus dibiarkan tetap berada di tempat selama 2 minggu.

Hari Kedua

Perban yang digunakan untuk membungkus lutut Anda akan diganti dengan postopisite sehingga Anda dapat mandi setelahnya. Selain itu, Anda juga akan diberikan sebuah stoking atau yang sering dikenal dengan stoking TED. Stoking ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah dan pembengkakan yang berlebihan.

Setelah Pulangan dari Rumah sakit

Setelah 4-6 hari pasca pulang dari rumah sakit, Anda harus kembali ke rumah sakit untuk tindakan lanjut dengan dokter spesialis ortopedi sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Anda juga harus membawa post oposite yang sudah diberikan oleh rumah sakit. Pastikan Anda mendapatkan perawatan sesuai biaya operasi TKR.

Namun bagi pasien yang memiliki jadwal tindakan lanjut ulang setelah 4-6 minggu, Anda dapat mengganti perban sendiri di rumah ataupun ke klinik terdekat. Pada umumnya perban hanya akan diganti seminggu sekali selama 3 minggu setelah pulang.  Oleh sebab itu jangan memberikan obat apapun pada luka tersebut.

Perlu untuk diingat sebelum menempelkan postoposite, pastikan bahwa tangan Anda dalam keadaan bersih dan jangan menyentuh luka tersebut secara langsung dengan tangan sebab akan mengakibatkan infeksi. Anda juga tidak diperbolehkan untuk menyentuh area putih pada postoposite.

Rasa Sakit dan Bengkak

Rasa sakit dan bengkak sering terjadi pasca opera total knee replacement. Meninggikan posisi kaki dapat membantu Anda mengurangi rasa nyeri. Angkatlah lutu Anda dengan bantal selama 30 menit setiap hari. Selain itu stoking TED ternyata didesain untuk mengurangi pembengkakan pada area lutut

Namun apabila rasa nyeri dan bengkak itu terjadi terus menurus dalam kurun waktu yang lama, segaralah konsultasikan secepatnya dengan dokter bedah Anda agar mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan terapi es batu untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada area lutut. kompreslah lutut Anda dengan es batu 3 kali sehari selama 20 menit per sesinya. Pastikan es batu dibungkus dengan handuk tipis yang bersih sebelum diaplikasikan langsung ke area lutut Anda.

Itulah beberapa penanganan luka pasca operasi TKR yang bisa Anda lakukan di rumah. Apakah Anda mencari dokter yang ahli dalam operasi pergantian lutut total? Segaralah konsultasikan masalah Anda mengenai total knee replacement dan dapatkan opini dari dokter yang ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *