Ini Solusi Mencari Tempat Tinggal bagi Orang Luar Kota yang Bekerja di Bekasi

Fijimatai – Bekasi adalah salah satu wilayah Indonesia yang cukup terkenal. Meskipun pada beberapa waktu lalu Kota Bekasi sempat menjadi bahan lelucon netizen, tetapi sebenarnya Kota dan Kabupaten Bekasi adalah salah satu daerah industri terbesar di Indonesia. Karena itu pula, tidak heran UMK Bekasi termasuk yang paling tinggi se-Indonesia, yaitu mencapai angka Rp3.500.000,00. UMK yang cukup besar ini menjadi magnet bagi para pencari kerja dari seluruh Indonesia, baik yang berlatar belakang lulusan SMA, S1, dan S2 untuk mengadu nasib di Bekasi.

Wilayah industri yang paling terkenal di Bekasi adalah Cikarang. Di daerah inilah banyak berdiri pabrik-pabrik dari berbagai industri. Selain itu, banyak tenaga kerja yang berasal dari luar Bekasi ramai-ramai mencari tempat menetap. Beberapa orang memilih untuk menetap di rumah kos, karena memang tidak berniat tinggal di Bekasi dalam waktu lama. Namun, tidak sedikit juga yang terpaksa tinggal di rumah kos karena masih bingung mencari apartemen modern Bekasi yang memiliki kualitas dan harga sesuai.

Mencari rumah di daerah industri itu gampang-gampang susah. Di satu sisi, kita ingin mencari rumah yang dekat dengan lokasi kerja, tetapi di sisi lain, kita juga ingin mencari rumah dengan lingkungan sehat. Maklum, daerah industri identik dengan lokasi pabrik-pabrik yang saling berdekatan, sehingga membuat kita kurang nyaman jika harus menetap di sana.

Tetapi tidak selamanya daerah industri yang dekat dengan pabrik tersebut tidak dapat menciptakan lingkungan nyaman. Menurut sebuah media yang membahas tata ruang, pengembang di kawasan industri Cikarang mencoba membangun sebuah daerah industri tetapi bersahabat untuk penduduk yang menetap di sekitar kawasan industri. Konsep kawasan industri yang bersahabat dengan permukiman dibuat agar karyawan betah bekerja dan kawasan industri tersebut semakin produktif.

Bagi Anda yang berencana menetap di Bekasi dalam waktu lama, coba gunakan tips ini saat Anda akan mencari rumah.

  1. Hindari perumahan yang dekat dengan kawasan industri yang tidak bersahabat dengan permukiman.
  2. Carilah perumahan di Bekasi yang memiliki karakteristik jalanan besar walaupun gedung-gedung rumahnya kecil, karena secara psikologis, perumahan dengan karakteristik tersebut akan memberi kesan nyaman.
  3. Pastikan jarak antara rumah dengan pusat aktivitas seperti rumah sakit, pasar, pertokoan, dan lain-lain cukup dekat.
  4. Jika Anda memiliki anak, Anda juga harus memastikan bahwa lokasi rumah tidak jauh dari sekolah.

Untuk memudahkan mencari kriteria rumah yang Anda cari, disarankan untuk melakukan peninjauan dari dunia maya. Cari sebanyak mungkin informasi yang bisa Anda dapatkan dari sebuah perumahan. Jika Anda sudah menemukan rumah yang sesuai dengan kriteria, lakukanlah peninjauan langsung untuk memastikan bahwa iklan yang tertera di dunia maya sesuai dengan kenyataannya.

Bolak-balik Jakarta-Bekasi

Meskipun ada opsi untuk menetap di Bekasi, tetapi tidak sedikit orang yang enggan untuk menetap di Bekasi. Selain alasan kenyamanan, ada beberapa alasan untuk beberapa orang yang bekerja di Bekasi, lebih memilih untuk menetap di Jakarta. Di antaranya adalah:

  1. Sudah memiliki rumah di Jakarta, sehingga dapat menekan berbagai jenis biaya pengeluaran.
  2. Lebih mudah menemukan hiburan di Jakarta dibandingkan dengan Bekasi.
  3. Jakarta adalah pusat segala aktivitas dan kegiatan.
  4. Sudah berkeluarga dan kegiatan anak serta istri berada di Jakarta.

Memang, ketika memilih Jakarta sebagai tempat tinggal sementara Anda bekerja di Bekasi akan menyisakan berbagai masalah. Salah satunya adalah jarak dan waktu tempuh ke tempat kerja yang lebih panjang. Untuk menuju tempat kerja, Anda harus menggunakan KRL Commuter Line dengan waktu tempuh selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, Anda harus melanjutkan perjalanan ke kantor dengan menggunakan kendaraan umum lainnya.

Bagi Anda yang sudah memiliki rumah di Jakarta, tentu hal itu tidak akan bermasalah,  karena biaya transportasi ke tempat kerja bisa disiasati dengan menekan biaya pengeluaran dari sektor lain. Sedangkan bagi Anda yang tidak memiliki rumah di Jakarta, Anda memiliki dua opsi. Opsi pertama menyewa kamar kos, dan opsi kedua adalah mencari rumah dijual di Jakarta.

Jika Anda mencari tempat tinggal di Jakarta, baik itu kamar kos atau rumah, cobalah cari di sekitar Jakarta Timur atau Jakarta Selatan, karena dua daerah tersebut merupakan daerah yang paling dekat dengan Bekasi. Untuk memudahkan Anda mencari rumah, lakukan pencarian di dunia maya. Di situs-situs penjualan rumah tersebut, Anda dapat mengetahui harga pasaran rumah dijual di Jakarta. Dengan begitu, Anda dapat melakukan analisis sendiri untuk menentukan hunian terbaik untuk Anda.

Apa pun pilihan Anda, baik itu menetap di Bekasi atau di Jakarta, tidak ada yang salah. Dalam mencari tempat tinggal, yang paling penting adalah kenyamanan diri sendiri dan kemudahan akses terhadap berbagai aktivitas Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *