Kenali Bagaimana Cara RAPP Riau Memproduksi PaperOneTM

Source : Facebook @SahabatRAPP

Fijimatai – Mungkin pernah kita liat diberbagai toko buku tentang produk kertas Paper OneTM. Paper OneTM merupakan sebuah produk unggulan dan asli Indonesia dan terkenal di seluruh dunia. Paper OneTM sendiri adalah sebuah produk unggulan dan asli Indonesia dan 100 persen produk dari bahan baku hingga produksinya dilakukan di Indonesia. Produk terkenal tersebut sudah dieksor hampir di seluruh dunia hingga ke lebih dari 70 negara ini, diantaranya adalah Negara Singapura, China, India, Jepang, Korea, Australia,benua Eropa seperti Rusia, Turki, dan beberapa kawasan di Amerika, yaitu: USA, Mexico, Brazilia, dan beberapa negara lainnya, termasuk kawasan Asia Pasifik dan Asia Timur.

Produk kertas ini merupakan produk unggulan dari Grup APRIL. Perusahaan ini sendiri merupakan salah satu produsen pulp dan kertas terkemuka di Indonesia dan dunia. Selain itu Grup APRIL sendiri merupakan perusahaan kehutanan Indonesia yang menerima sertifikasi pengelolaan hutan berkelanjutan, bernama sertifikasi Chain of Custody PEFC (The Programme for the Endorsement of Forest Certification). Kapasitas yang terpasang produksi pulp APRIL Grupsebesar 2,8 juta ton dan kertas 850.000ton pertahun. Selain itu juga, mereka memasok pulp kepada berbagai macam industri, yaitu: pada pulp juga banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti kertas, tisu, kantong teh, kemasan, popok bayi, pengental es krim, tekstil, dan majalah.

Tetapi Grup APRIL tidak mengelolanya sendiri, melainkan produk ini dikelola oleh anak perusahaannya bernama PT Riau Andalan Pulp and Paper. Pabrik produk pulp dan kertas ini berlokasi di Provinsi Riau. Perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan terbesar di Asia Pasifik. RAPP sendiri didirikan sejak tahun 1993 di desa Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Seorang narasumber mengatakan bahwa selain memproduksi kertas, RAPP juga menghasilkan pulp atau bubur kertas yang produksinya mencapai 1,2 juta ton per tahun. Angka ini menjadikan RAPP sebagai produsen pulp terbesar ke-9 di dunia yang men-supply sekitar 7 persen kebutuhan pup di dunia. Dari produksi 1,2 juta ton pulp itu, RAPP memakai sekitar 20 persen untuk memproduksi kertas di pabrik milik mereka sendiri. Sementara sebagian besar lainnya diekspor ke lebih dari 20 negara, terutamanya ke Tiongkok. Begitulah mengenal cara RAPP Riau memproduksi Paper OneTM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *