5 Kasiat Lidah Buaya bagi Rambut yang Jarang diketahui

Fijimatai – Sejak ribuan tahun yang lalu, lidah buaya dikenal bermanfaat sebagai penyubur rambut. Selain itu, tanaman ini juga berguna sebagai masker rambut atau mengobati kulit yang terbakar matahari. Masih banyak manfaat lain dari tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini. Yuk, ketahui 5 kasiat lidah buaya bagi rambut yang jarang diketahui oleh banyak orang ini:

kasiat lidah buaya bagi rambut

  1. Perawatan Pre-shampoo Anti Ketombe

Lidah buaya dapat berfungsi sebagai treatment alami bagi rambut berketombe. Enzim alami yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengelupas sel-sel mati dan mencegah perkembangbiakan jamur dan ketombe.

Caranya terbilang cukup mudah. Ambillah sebatang lidah buaya yang masih segar, lalu keluarkan getahnya. Usapkan pada kulit kepala sebelum Anda akan keramas. Lakukan pemijatan ringan lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, bilas dan keramasi rambut Anda dengan shampoo seperti biasa.

  1. Hair Styling Gel Instan

Selain bisa digunakan sebagai perawatan ketombe, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai serum atau hair styling gel alami. Jadi, lidah buaya bisa berfungsi untuk menata rambut agar terlihat rapi.

Caranya, usapkan sedikit getah lidah buaya pada permukaan rambut yang sudah ditata atau disisir. Selain bisa digunakan untuk menjaga kerapian rambut, lidah buaya juga dapat merawat kesehatan dan kelembapan rambut.

  1. Overnight Hair Treatment

Lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk perawatan rambut di malam hari. Hal ini bertujuan agar rambut tetap lembap alami. Perawatan rambut dengan lidah buaya ini juga membantu agar rambut selalu sehat, lebat, dan berkilau.

Anda bisa melakukan perawatan ini dengan mencampurkan setengah cangkir getah lidah buaya segar dengan minyak aromaterapi secukupnya. Lalu, usapkan pada rambut dan kulit kepala sampai merata. Bungkus rambut dengan shower cap dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, cuci bersih dengan air dan shampoo.

  1. Perawatan Rambut Rontok dan Kering

Salah satu kasiat lidah buaya bagi rambut lainnya adalah perawatan rambut rontok dan kering. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk mengatasi rambut kering dan rontok dengan pergi ke salon. Cukup menggunakan perawatan menggunakan lidah buaya sebagai kondisoner alami.

Caranya, siapkan 1-2 batang lidah buaya dan cuci bersih. Lalu, kupas kulit lidah buaya dan ambil dagingnya. Setelah itu, lumatkan daging lidah buaya hingga hancur. Setelah mencuci rambut, oleskan lumatan lidah buaya secara merata. Tunggu setengah jam dan bilas rambut dengan air dingin sampai bersih tanpa mengeramasinya lagi.

  1. Mencegah Kebotakan

Selain kasiat-kasiat di atas, lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk mencegah kebotakan kepala. Kebotakan terjadi akibat penipisan rambut yang terjadi pada kulit kepala. Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk perawatan dalam mencegah kebotakan.

Anda dapat mencegah penipisan rambut dan meningkatkan pertumbuhannya dengan mengoleskan gel atau jus lidah biaya pada kulit kepala Anda secara teratur. Lalu, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan shampoo dan air yang bersih.

Inilah 5 kasiat lidah buaya bagi rambut yang masih jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Padahal, menggunakan lidah biaya bisa membuat Anda menghemat pengeluaran untuk perawatan rambut, menghindari efek samping akibat perawatan kimiawi, dan tentunya praktis karena bisa dilakukan di rumah. Tertarik mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *