Apa Beda Minyak Kelapa Murni dan yang Biasa?

Fijimatai – Virgin coconut oil atau VCO adalah salah satu produk kesehatan yang cukup populer. Produk ini sendiri sering disebut dengan minyak kelapa murni. Mungkin Anda bingung, apa bedanya VCO ini dengan minyak dari kelapa yang biasa? Nah, bila Anda belum tahu, cek di sini apa bedanya!

minyak kelapa

Apa Bedanya?

Minyak dari kelapa yang biasa pada umumnya dibuat dari daging kelapa yang disuling dan diambil minyaknya. Itu artinya, minyak ini sama sekali tak mengandung daging kelapa. Sebenarnya, pembuatan VCO juga melakukan proses ekstraksi atau penyulingan. Hal yang membedakannya hanya teknik ekstraksi yang digunakan.

Bila pada minyak yang biasa, kelapa kering atau disebut dengan kopra  biasanya diekstraksi dengan cara penggilingan dingin atau dengan kompresi dingin. Pada proses ekstraksoi ini, beberapa bahan kimia juga bisa jadi masuk ke dalamnya. Salah satu bahan kimia yang terikut adalah bahan pelembap yang jumlahnya bisa mencapai 6% dari total minyak.

Oleh sebab itulah kenapa minyak dari kelapa yang biasa kemurniannya diragukan. Sedangkan VOC sendiri proses ekstraksinya dibuat dari santan segar. Prosesnya juga melalui beberapa tahap yakni fermentasi, pemisahan secara sentrifugal, pendinginan, dan pemberian aksi enzim untuk menghasilkan pemisahan minyak dari airnya.

Namun, pada beberapa perusahaan yang memproduksi minyak kelapa murni atau VOC, kadang ekstraksi juga dilakukan dengan menguapkan air lebih dulu. Pada saat proses ekstraksi, bahan sama sekali tak boleh terkena panas mesin ataupun panas matahari karena ini akan merusak kualitas dari minyak tersebut.

Nah, dari penampakannya sendiri, minyak dari kelapa yang murni dan biasa juga ada perbedaan. Perbedaannya terletak dari kejernihan minyak dan tingkat koloidnya yang bisa dilihat dengan pengamatan yang cukup cermat. Minyak yang murni sangat jernih bahkan mirip air. Sedangkan yang biasa, malah terlihat agak kabur.

Apa Manfaat Mengonsumsi Minyak Ini?

Tentu saja, ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi minyak yang satu ini. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara menggunakannya pada masakan baik itu menggoreng ataupun menumis dan memanggang. Beberapa manfaat yang bisa Anda dapat adalah stabilnya gula darah.

Itu dikarenakan kandungan medium chain triglyceides atau MCT yang ada di dalam minyak ini. Kandungan ini bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan bisa juga meningkatkan toleransi glukosa dalam darah. Dengan begitu, kadar gula darah Anda juga bisa tetap stabil.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi minyak ini adalah menghindarkan Anda dari bahaya osteoporosis. Pasalnya, minyak ini mengandung magnesium dan kalium dalam jumlah yang cukup. Kandungan di dalamnya juga bisa membantu memaksimalkan penyerapan dua jenis nutrisi ini. Dengan begitu, tulang dan gigi Anda juga bisa lebih kuat.

Hanya saja, untuk menghindarkan dari bahaya osteoporisis, Anda harus mengonsumsinya secara teratur dalam jangka waktu yang cukup lama. Ada lagi manfaat yang bisa Anda dapat. Salah satunya adalah terhindar dari radang.

Sebab, minyak ini mengandung banyak antioksidan yang bisa bantu tubuh Anda melawan radikal bebas penyebab peradangan. Anda juga bisa terhindar dari penyakit jantung dengan mengonsumsinya. Pasalnya, minyak ini mampu meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

Nah, bagaimana? Sudah tahu cara bedakan minyak kelapa murni dan yang biasa, kan? Anda juga sudah tahu apa saja manfaat yang dimilikinya. Bila Anda ingin minyak yang murni dan terbaik, beli saja di lemonilo.com. Ini adalah healty lifestayle ecosystem yang menghadirkan banyak produk alami dengan harga terjangkau dan tentunya sangat berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *