Harus Seberapa Seringkah Kita Periksa Gigi ke Dokter?

Fijimatai – Masalah kesehatan gigi sering kali terlewatkan dan terabaikan. Padahal menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang. Selain rajin menggosok gigi dan obat kumur, penting juga untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi dan mulut. Memangnya, harus berapa seringkah kita harus memeriksakan gigi dan mulut ke dokter?

kesehatan gigi

Kenapa harus periksa gigi?

Mulut adalah gerbang menuju bagian-bagian dalam tubuh kita. Oleh karena itu, kesehatan gigi dan mulut sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Di seluruh bagian tubuh manusia terdapat banyak bakteri yang sebagian besar tidak berbahaya begitu juga dengan yang berada di dalam mulut. Keadaan gigi dan mulut yang sehat dapat membantu mencegah bakteri berkembang dan memunculkan penyakit mulut seperti sariawan, gigi berlubang, dll.

Pemeriksaan gigi oleh dokter gigi dapat mendeteksi dan mengobati berbagai gangguan umum yang menyerang area mulut. Misalnya gigi berlubang dan penyakit gusi, gigi berlubang adalah masalah permanen yang tidak dapat sembuh sendiri dan sering menjadi permasalahan masyarakat pada umumnya. Jika tidak diobati, lubang tersebut akan semakin melebar dan terasa sakit sehingga menimbulkan infeksi yang menyebar ke akar dan menyebabkan bengkak. Pada beberapa orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah, infeksi dapat menyebar hingga ke organ tubuh lainnya seperti sinus, rahang, hingga ke daerah leher dan dada.

Lalu berapa kali kita perlu periksa gigi?

Bagi orang dewasa dan anak-anak disarankan untuk periksa gigi rutin setiap 6 bulan sekali mulai dari usia 6-7 bulan ketika gigi susu pertama mereka tumbuh. Namun, apabila ada keluhan pada gigi dan mulut, sebaiknya langsung datang ke dokter gigi agar dilakukan perawatan. Frekuensi kunjungan 6 kali tersebut tidak berlaku untuk semua orang. Pada beberapa orang yang memiliki gangguan metabolisme atau penyakit sistemik dan berisiko mengalami penyakit gigi dan mulut, Anda akan dianjurkan untuk melakukan perawatan gigi setiap 3 bulan sekali.

Apakah lansia juga perlu untuk periksa gigi rutin? Jawabannya jelas ya. Orang tua pastinya tetap perlu memeriksakan giginya rutin karena proses penuaan terjadi juga pada gigi dan rongga mulut, seperti mulut kering, gigi goyang, gigi menjadi mudah berlubang, dan kehilangan gigi atau ompong. Itu sebabnya pemeriksaan gigi sangatlah penting untuk mengetahui masalah apa saja yang dialami dan bagaimana menanggapinya dengan tepat dan cepat sehingga meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup.

Bagaimana cara memilih dokter gigi yang terpercaya?

Pada umumnya seluruh dokter gigi sama baik dan bagusnya karena mereka sudah terakreditasi dan terstandarisasi. Pilihlah dokter yang nyaman untuk Anda ajak konsultasi dan mengedukasikan dengan baik mengenai masalah kesehatan gigi serta mulut Anda. Untuk itu, cobalah cari tahu berbagai referensi dokter dengan kualitas baik dan bagus di HonestDocs. Disini, Anda dapat memilih dokter dan juga paket perawatan kesehatan gigi dan mulut dengan harga terjangkau. Jika sudah memilih dokter dan klinik gigi yang tepat, Anda hanya perlu melakukan pembayaran dan tentukan jadwal sesuai dengan waktu yang tertera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *