Kenali Macam-macam Kawat Gigi

Fijimatai – Baik untuk alasan kesehatan atau kecantikan, banyak orang yang ingin memasangkan kawat gigi atau behel pada gigi mereka. Ada berbagai jenis kawat gigi yang bisa dipilih berdasarkan bahan maupun metode pemakaiannya. Dengan mengenal jenisnya, Anda bisa lebih mudah memilih kawat gigi sesuai kebutuhan, baik untuk kebutuhan estetika maupun untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Kawat gigi bisa menjadi solusi kelainan susunan gigi. Mari simak macam-macam kawat gigi apa saja yang umumnya digunakan. Pemilihan jenis kawat gigi ini akan disesuaikan dengan kelainan susunan gigi, pertimbangan estetika, serta biaya.

macam-macam kawat gigi

  • Kawat gigi lepasan

Kawat gigi jenis ini tidak dipasang secara permanen dan mudah untuk dilepas pasang. Biasanya menggunakan bahan metal dan hanya digunakan untuk kasus-kasus yang ringan. Namun kawat gigi lepas-pasang yang dimaksud di sini adalah behel lepas-pasang yang dipasang sesuai dengan rekomendasi dokter gigi, bukan behel lepas-pasang yang bisa dibeli di pasaran lalu dipasang sendiri.

  • Kawat gigi cekat

Kawat gigi jenis ini adalah yang terpasang secara tetap di gigi selama masa perawatan berlangsung dan dapat digunakan dari kasus ringan sampai dengan kasus yang sulit. Kawat gigi cekat ini terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari metal, ceramic sampai dengan sapphire.

  • Kawat gigi metal

Kawat gigi ini berbahan metal dan termasuk kawat gigi paling umum digunakan. Kawat gigi jenis ini dapat digunakan dari kasus ringan hingga sulit dan dapat dikombinasikan dengan karet elastis berbagai warna sehingga terlihat lebih menarik. Keunggulan kawat gigi ini adalah biayanya yang terjangkau dan bisa digunakan untuk berbagai macam kasus. Namun, kawat gigi ini memerlukan kontrol rutin untuk mengganti karet karena seiring berjalannya waktu, karet akan kehilangan daya elastisnya dan tekanan ke gigi akan berkurang. Sehingga perawatan tidak akan berjalan maksimal apabila kontrol tidak dilakukan secara rutin.

  • Kawat gigi transparan

Behel transparan adalah jenis behel gigi yang menggunakan bahan ceramic atau sapphire yang transparan atau sewarna dengan gigi. Behel ini banyak digunakan oleh pasien yang ingin tidak terlalu kelihatan menggunakan kawat gigi. Kelebihan kawat gigi jenis ini adalah kawat lebih tersamar sehingga tidak terlalu kelihatan, namun di sisi lain, kawat gigi ini kekuatannya di bawah kawat gigi metal, sehingga tidak efektif untuk digunakan pada kasus-kasus yang berat. Kawat gigi ini tetap menggunakan karet dan kawat lengkung. Kawat lengkung yang digunakan bisa dipilih yang berwarna putih agar lebih tersamar. Apabila Anda menginginkan kawat gigi yang benar-benar tidak tampak, maka Anda bisa menggunakan aligner transparan yang dibuat sesuai dengan bentuk gigi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *