Kiat Memilih Jas Hujan yang Tepat dan Nyaman Dipakai

Fijimatai – Selama musim penghujan, jas hujan menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dibawa oleh para pengendara motor. Dengan adanya perlengkapan yang satu ini, aktivitas berkendara di jalan tidak akan terganggu meskipun hujan turun. Dimana akan membantu melindungi dari guyuran air hujan yang bisa menyebabkan tubuh maupun pakaian basah. Selain itu sebagai bagian untuk menjaga kondisi kesehatan di kala musim penghujan tiba. Produk ini terbilang cukup mudah kita temui di berbagai toko perlengkapan berkendara motor hingga toko online. Seperti di situs online Moladin salah satunya.

Membeli perlengkapan berkendara ini memang cukup mudah untuk dilakukan. Namun tak jarang setelah pembelian sering mengalami berbagai kekecewaan. Entah itu karena tidak awet, bahan yang mudah rusak atau sobek, panas ketika digunakan, tidak mampu menghalau air hujan dengan baik, dan masih banyak alasan lainnya. Kekecewaan ini tentunya harus menjadi pembelajaran agar tidak asal sembarangan dalam pemilihannya. Tidak ada salahnya untuk mencari berbagai tips-tips yang bisa membantu Anda dalam mendapatkan produk yang tepat.

Nah, begitu juga untuk kali ini juga akan dibagikan berbagai tips memilih jas hujan yang tepat bagi Anda agar tidak mengulang kekecewaan yang sama. Untuk lebih lengkapnya, berikut tips-tipsnya:

jas hujan

1. Perhatikan bahan yang digunakan.

Ada beberapa bahan yang sering digunakan dalam pembuatan perlengkapan berkendara ini, yaitu ada bahan PVC, plastik, nylon, parasut, dll. Masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti bahan PVC misalnya yang memiliki sifat ringan, tidak terlalu tebal, dan memiliki pori-pori yang rapat. bahan ini juga lebih sejuk ketika digunakan. Sayangnya bahan PVC juga memiliki kekurangan berupa mudah sobek jika tersangkut sesuatu. Untuk bahan plastik umumnya sangat murah untuk didapatkan. Namun raincoat dari bahan ini hanya cocok untuk kondisi darurat saja lantaran bahannya yang tipis dan mudah sobek.

2. Perhatikan ketebalan dan kehalusan bahan yang digunakan.

Bahan yang tebal memang tidak akan mudah sobek. Namun jika bahan terlalu kaku meskipun tebal juga akan rentan mengalami sobek. Sehingga ada baiknya memilih bahan dengan memperhatikan kehalusannya terlebih dahulu baru mempertimbangkan ketebalannya.

3. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada banyak sekali model mantol yang sering kita jumpai. Ada model ponco, overcoat, two piece, training, dlsb. Anda bisa memilih jenis raincoat yang nyaman ketika digunakan selama berkendara motor. Selain itu pertimbangkan juga faktor keamanannya ketika digunakan.

4. Sesuaikan dengan ukuran tubuh.

Pastikan ukuran raincoat yang dipilih sesuai dengan proporsi tubuh. Dimana tidak terlalu ketat maupun longgar. Raincoat yang terlalu longgar akan mudah tersangkut dan robek. Selain itu juga menyebabkan ruang gerak kurang leluasa.

5. Pilih warna yang sesuai.

Sebaiknya pilih warna jas hujan yang tidak terlalu gelap. Hal ini berguna sebagai keselamatan diri, dimana ketika hujan lebat Anda masih bisa terlihat oleh pengguna jalan lainnya. Sehingga resiko tertabrak bisa dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *