Tak Cuma Dimakan, Oatmeal Juga Bisa Dijadikan Masker Wajah!

Fijimatai – Selama ini mungkin Anda hanya tahu bahwa guna dari oatmeal adalah untuk makanan sehat. Memang, biasanya oatmeal digunakan untuk makanan orang diet kaena mangandung sejumlah nutrisi yang baik. Namun, siapa sangka, selain dijadikan makanan, oatmeal juga bisa dijadikan masker wajah. Ini sederet manfaat yang bisa Anda dapat dari memakainya!

masker wajah

1. Pembersih Wajah untuk Kulit Sensitif

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, menggunakan masker dari oatmeal akan sangat membantu karena oatmeal mengandung saponin yang bisa membantu mengikat minyak dan molukel pada wajah tanpa menembus pori-pori. Hal ini sangat baik karena akan membuat kulit Anda tidak mengering dan mengelupas ketika menggunakannya.

Tentu saja, menggunakan masker dengan bahan oatmeal ini jadi pilihan terbaik untuk pemilik kulit wajah sensitif karena ia hanya bekerja di permukaan kulit saja. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu satu sendok teh oatmeal dan beri air hangat. Aduk dan ratakan ke seluruh wajah sambil dipijat. Tunggu hingga kering sebelum dibilas menggunakan air bersih.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain itu, kandungan baik yang ada dalam oatmeal juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati dari wajah. Sel kulit mati yang bertumpuk akan membuat wajah Anda terlihat kusam, Melalui proses ekfoliasi yang dilakukan ketika menggunakan masker dari oatmeal ini, Anda bisa mengangkat sel kulit mati itu dengan mudah.

Anda juga tak perlu khawatir kalau proses ini akan membuat kulit wajah Anda iritasi dan kemerahan. Sebab, sifat proses ini hanya bekerja di luar dan membantu menenangkan kulit Anda. Bukan dengan cara mengelupas kulitnya.

3. Mengobati Jerawat

Bagi Anda yang bermasalah dengan jerawat, Anda juga bisa menggunakan masker wajah dari bahan oatmeal untuk mengusir jerawat tersebut. Kandungan zinc dalam oatmeal-lah yang bekerja membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah Anda. Selain itu, juga berguna untuk menyerap kelebihan minyak di wajah.

Untuk menggunakan masker dari oatmeal ini, Anda hanya perlu merebus 1/3 gelas air yang telah diisi setengah oatmeal hingga mendidih. Setelah itu, dinginkan. Setelah dingin, Anda bisa langsung mengoleskannya pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama lebih kurang 20 menit untuk kemudian dibilas menggunakan air hangat.

4. Pelembap Alami

Selain itu, kandungan di dalam oatmeal juga bisa Anda manfaatkan untuk jadi pelembap alami. Oatmeal mengandung betaglukan yang merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan wajah. Sebab, betaglukan ini bisa menembus jauh ke dalam kulit dan memberikan kelembapan alami pada wajah.

Anda hanya perlu mencampurkan dua gelas oatmel ke dalam satu gelas susu. Jangan lupa tambahkan satu sendok makan madu lalu oleskan ke wajah Anda. Diamkan selama lebih kurang 15 menit sebelum dibilas menggunakan air dingin.

5. Meringankan Kulit Gatal

Oatmeal sejak dulu sudah digunakan sebagai obat rumahan untuk mengatasi kulit gatal seperti karena bekas luka, ruam dan sunburns. Efek yang diciptakan dari penggunaan oatmeal ini disebut sebagai avenanthramides yang bisa membantu mengurangi hipersensitivitas dan pembengkakan pada kulit. Anda hanya perlu menggunakan masker di wajah saja untuk ini.

Hanya saja, bila Anda mencari oatmeal yang masih belum ditambahkan suatu zat, cukup sulit sekarang. Sebab, bila sudah tercampur, efek masker wajah dari oatmeal akan berkurang. Namun tenang, Anda bisa gunakan Rare Earth Pore Cleansing Masque dari Kiehls yang mengandung oatmeal yang cukup banyak yang bisa membuat Anda dapat semua manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *